,

Pesta Syukuran PARNA Indonesia Digelar di Pantai Pasir Putih Tandarabun Simanindo Samosir

oleh -3421 Dilihat

Samosir – Pesta syukuran Pomparan Raja Naiambaton (Parna) Indonesia dengan tema “Melestarikan budaya dan identitas bangsa” yang digelar di Pantai Tandarabun, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (8/6/2023) yang terlaksana selama 3 hari pada tanggal 6 – 8 Juli 2023.

Pesta syukuran Parna baru pertama kali dilaksanakan,  sehingga dihadiri seluruh marga Parna yang ada di dunia termasuk boru bere.

Ketua panitia pesta syukuran Parna, Jumaga Nadeak menyampaikan, keluarga besar Raja Naiambaton Boru bere yang ada disini dan juga yang ada diseluruh dunia yang sudah memberikan waktunya untuk menghadiri acara pesta syukuran Parna ini.

“Saya mengucapkan terima kasih, karena pesta ini ditanggung oleh putra-putri pinompar ni Raja Naiambaton (Parna) yang ada di Dunia, itulah kebersamaan kita untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Jumaga Nadeak .

Dikatakan Jumaga Nadeak , sebelum memulai kegiatan pesta Parna ini, sudah melaksanakan bakti sosial. “Pada kegiatan pesta syukuran yang kita dilaksanakan ini, kita sudah melakukan bakti sosial, yaitu menanam pohon dan menaburkan benih ikan di Danau Toba, dan kita juga memberikan bantuan sosial dalam bentuk sembako, itu kita berikan kepada yang berhak menerimanya,” ucapnya.

Selanjutnya ketua umum Parna, Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon menyampaikan, dalam kesempatan ini ia melihat ada sukacita didalam diri mereka dan kesatuan hati sesuai dengan tema “melestarikan budaya dan identitas bangsa”

“Parna harus memelihara identitas bangsa, itu harus kita pelihara, Parna harus menjadi pedoman untuk memelihara identitas bangsa supaya kita bisa berperan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuhnya

Cornel Simbolon juga mengatakan, masih banyak yang harus dilakukan dihari yang selanjutnya untuk menjadi lebih baik lagi. “Hari ini adalah puncak acara, saya mengajak kita semua Pomparan Raja Naiambaton yang datang dari seluruh dunia untuk manortor dan memeriahkan acara ini,” ucap Cornel Simbolon .

Cornel mengucapkan terima kasih kepada panitia dan juga pemerintah daerah Kabupaten Samosir yang ikut berpartisipasi mensupport kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik.