Acara Partangiangan Bolon Sirajaoloan 27 dan 28 Desember 2023 di Bakkara , Dolok Sanggul dan Pangururan Sumut

oleh -7308 Dilihat

JakartaPomparan Sirajaoloan ( SRO ) berencana akan melaksanakan  “ PARTANGIANGAN BOLON SIRAJAOLOAN 2023”  di Bona pasogit tempat asal muasal Pomparan Siraja Oloan, yaitu dari Bakkara – Doloksanggul, suatu tempat pinggiran nan asri  tempat lahirnya  Raja Sisingamangaraja ke XII ( keturunan Sirajaoloan ) , dan juga Pangururan Kabupaten Samosir.

Pomparan Sirajaoloan yang terdiri dari 6 (enam ) marga  yaitu;  Naibaho, Sihotang, Bakara, Sinambela, Sihite dan Juga Manullang, dan pomparan Sirajaoloan ini telah banyak memenuhi  seantro Nusantara ini bahkan di luar negeri juga pomparan SRO telah banyak berdomisili.

Tempat  pelaksanaan partangiangan bolon ini dilaksanakan di bona pasogit  , hal ini  untuk menjelaskan dan menerangkan kepada  seluruh Generasi muda  pomparan Sirajaoloan  dimanapun berada, bahwa asal muasal  Marga Sirajaoloan adalah dari Bakkara , Dolok Sanggul dan Pangururan Samosir, dan kemungkinan  generasi muda yang lahir di rantau sudah tidak mengetahui lagi asal muasalnya berada.

Perayaan partangiangan bolon  seperti yang akan dilaksanakan ini telah pernah dilaksanakan di Bona pasogit sekitar Tahun 1996 dimana pada saat itu yang  di ketuai oleh Alm Anton Sihotang, dan juga tokoh tokoh Sirajaoloan seperti,  Prof DR Tarnama Sinambela, Prof. Lauren Simanullang, dan  Brigjen. Tarida Sinambela, dan Mayjen Joy Sihotang ( Saat ini sebagai ketua Dewan Pembina) serta tokoh Siraja oloan lainnya yang berusaha untuk menghimpun, menyatukan dan berdoa Bersama untuk kemaslahatan Pomparan Siraja oloan.

Tujuan utama dari acara Partangiangan Bolon ini tidak lain, untuk menghimpun, menyatukan seluruh pomparan Sirajaoloan di manapun berada untuk berdoa bersama sesuai agama dan kepercayaan masing-masing  kepada Tuhan yang maha kuasa,  kiranya Tuhan  memberikan kedamaian, persatuan dan kesatuan (sada ni roha) diantara pomparan Sirajaoloan ini, dan juga untuk memohon pengampunan  atas segala dosa yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita jaman dulu yang tidak diketahui, baik yang di sengaja maupun yang tidak sengaja, kiranya Tuhan memisahkan/ menghapus segala dosa-dosa dan serta kutukan yang dilakukan (bilamana ada)  pada jaman dulu terhadap semua Pomparan Sirajaoloan agar di bersihkan sampai keturunannya ,  supaya pomparan Sirajaoloan bergandeng tangan dan juga saling memaafkan diantara marhaha anggi dohot boru bere ibebere , supaya Tuhan memberikan berkatnya bagi seluruh Pomparan sirajaoloan, dan apabila kedamaian dan sadaniroha sudah tercapai niscaya apapun yang kita cita citakan semoga Tuhan kabulkan .

Peserta yang di perkirankan untuk menghadiri perayaan Partangian bolon ini sekitar 25.000 orang, makanya jauh-jauh hari sebelumnya sudah kita sosialisasikan kepada seluruh pomparan sirajaoloan dimanapun berada untuk memberikan waktunya pada saat perayaan partangiangan ini. Sedangkan untuk segala biaya dan akomodasi untuk itu adalah merupakan urunan bersama Pomparan sirajaoloan, namun kita tidak pungkiri bahwa kehidupan sosial semua anggota tidaklah sama namun hal itu bukan menjadi penghambat untuk bersama bersuka cita  dan sama sama berdoa untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Sedangkan kepanitia pelaksanaan Partangiangan ini sudah dibentuk dan di maksimalkan untuk bisa mewakili seluruh  elemen elemen  marga marga Pomparan sirajaoloan.

Dan susunan Panitia Partangiangan ini adalah :

Untuk  penanggung jawab adalah Dewan Pimpinan Pusan Sirajaoloan yang di ketuai oleh; Mayjen (Purn) Joy Sihotang, dengan anggotanya seluruh dewan pengurus DPP Sirajaoloan, dan dewan Penasehat  Brigjen (Purn) TNI Tarda Sinambela. S,Si, dan seluruh anggotanya, untuk  kepengurusan, Salmon Sihite.,SH.,MKn Selaku Ketua umum, Ir. Nikolas Naibaho ,MBA,(Sekretaris Umum) Robinhot Simanullang.SE.MM ( Bendahara umum),  Herbinto Simanullang ,SE (koord Umum),  , Sani Naibaho.SE, (Koordinator Generasi Muda SRO) dimana pada tanggal 11/6/2023 yang lalu telah dilaksanakan rapat perdana untuk mensosialisasikan serta koordinasi  marga Sirajaoloan yang di hadiri oleh anggota lainnya yakni, Anton Sihite, Belton Sihotang dari tim sekretariat,  Jhoni Bakara, DD Bakara, Ercik Sihotang ( penanggung jawab Hiburan) , Pahala Sinambela, Tyan Manullang, Hot Mangatur Simanullang, Birman Simanullang, Ganda Simanullang,Tony Sinambela, Kladius Sinambela, Benedictus Simanullang,Lintong Bakara, Djonson Simanullang, Ronson Simanullang, Patar Sihotang, Kabul Sinambela, Herbinto Manullang, Hermanto Manullang, Sumantri Sihite(Ketua PTSB Sihite), TA Sinambela, Jasmin Naibaho ( Ketua Naibaho Jabodetabek ) , Bachtiar Ujung( Ketua Naibaho Se Indonesia ), Sabar Naibaho, Josmar Naibaho, Mancar Sihotang dan juga di hadiri paniaran masing-masing, ikut Bersama demi suksesnya Partangiangan bolon ini  sedangkan Koordinator Acara di Bona Pasogit di ketuai oleh bapak Ketua Wilayah Sirajaoloan Sumatera Utara Bapak Sanggam Bakara. SH, dan beliaulah yang akan bertanggung jawab dan mensosialisasikan serta mengatur segala sesuatunya demi tercapainya acara ini.

Saya Salmon Sihite selaku ketua pelaksana Partangiangan bolon, memohon dan menghimbau kepada seluruh  Pompara Sirajaoloan dimanapun berada, mari kita Bersatu bergandeng tangan untuk mensukseskan partangiangan ini, dan bilamana ada yang kurang sempurna dalam  proses pelaksanaan ini kami mohon di maafkan dan mohon diberian masukan-masukan demi tercapainya apa yang kita cita citakan, dan kiranya Tuhan memberikan kerendahan hati bagi kita semuanya dan di berikan kesehatan bagi kita semuanya.

Editor : Aron Lastrin , SH