Biodata dan Profil Maruli Simanjuntak, Sosok KSAD Baru Pengganti Agus Subiyanto

oleh -2669 Dilihat

Jakarta – Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Proses pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Sebagai informasi, sebelumnya Maruli tengah menjabat Panglima Kostrad. Pada posisi barunya, ia mengisi jabatan KSAD yang sempat kosong setelah ditinggalkan Jenderal Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Maruli Simanjuntak ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasan biodata dan profilnya berikut. Biodata dan Profil Pendidikan Maruli Simanjuntak Maruli Simanjuntak merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Ia merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1992.

Selain Akmil, Maruli diketahui turut mengikuti sejumlah pendidikan militer lain. Antara lain seperti Sesarcabif, Seskoad Dikreg XLV, Sesko TNI, hingga Lemhannas RI.

Pada riwayatnya, Maruli lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Februari 1970. Mengacu tahun kelahirannya, ia telah memasuki usia 53 tahun. Melihat sepak terjangnya di militer, Maruli memiliki riwayat karier yang cemerlang. Tercatat, jenderal berdarah Batak ini sudah banyak mencicipi posisi strategis di militer. Pada periode 2016-2017, Maruli menjabat Danrem 074/Warastratama.

Setelahnya, ia juga sempat menjadi Wadanpaspampres (2017-2018) dan Kasdam IV/Diponegoro (2018). Kariernya semakin bersinar ketika ditunjuk menjadi Danpaspampres (2018-2020). Kemudian, ia juga pernah menjabat Pangdam IX/Udayana (2020-2022).

Nama Maruli Simanjuntak semakin dikenal ketika diangkat menjadi Pangkostrad.

Posisi ini ditempatinya pada periode 2022-2023. Pada kehidupan pribadinya, Maruli diketahui sebagai menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam hal ini, ia merupakan suami dari Paulina Pandjaitan, putri Luhut.

Terbaru, Letjen TNI Maruli Simanjuntak resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pada tugas barunya ini, ia menempati jabatan KSAD yang tengah kosong sepeninggal Jenderal Agus Subiyanto.

Maruli dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Ia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (29/11/2023). Sejalan dengan posisi barunya sebagai KSAD, Maruli juga mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

Kini, pangkatnya menjadi Jenderal TNI alias bintang empat.

Biodata Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Nama : Maruli Simanjuntak

Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat

Tanggal Lahir : 27 Februari 1970

Lulusan : Akmil 1992

Profesi : Perwira Tinggi TNI

Posisi : Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)

Demikian ulasan mengenai biodata dan profil Maruli Simanjuntak, sosok KSAD baru berdarah Batak.