BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem saat Musim Libur Lebaran di Jabar

oleh -5 Dilihat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem bisa tiba-tiba turun di wilayah Jawa Barat pada musim libur Lebaran 2024.

Masyarakat maupun wisatawan yang berlibur diimbau sebaiknya mewaspadai perubahan cuaca sebab hujan ringan hingga lebat diprediksi turun merata di wilayah ini, termasuk Bandung Barat.

“Berdasarkan kondisi dinamika cuaca dan hasil observasi cuaca baik dari satelit dan radar cuaca, kita prakirakan kondisi cuaca untuk arus mudik dan libur lebaran dari tanggal 9-14 April 2024, cuaca berawan namun berpotensi hujan ringan dan lebat,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu, Rabu, 10 April 2024.

Pada rentang waktu tersebut, ia menjelaskan, potensi hujan lebat berpeluang mengguyur sejak siang hingga sore. Hal itu bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir, angin kencang, hingga pohon tumbang.

“Imbauan untuk pemudik dan wisatawan agar sebaiknya memperhatikan kondisi cuaca serta potensi yang bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi,” bebernya.

Pihaknya juga menganjurkan masyarakat yang berkunjung ke tempat-tempat wisata seperti Lembang dan kawasan pantai senantiasa mengupdate prakiraan cuaca dari BMKG.

“Prepare dengan memantau info BMKG, lihat prakiraan hujan dan sesuaikan dengan destinasi, terutama daerah pegunungan yang rawan longsor. Kemudian pengunjung pantai memperhatikan ancaman gelombang tinggi,” katanya.

Sementara itu pada hari lebaran, ribuan kendaraan mulai memadati ruas jalan menuju ke arah kawasan wisata Lembang sejak Rabu siang. Terpantau, kendaraan didominasi plat D atau asal Bandung.

Edit : Mar.