Menlu Retno Sampaikan RI Kirim 200 Oxygen Concentrators Untuk Bantu India Tangani Covid-19

  • Whatsapp

Pemerintah Indonesia (RI) Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan Berupa 200 Unit Oxygen Concentrators Untuk India Pada Rabu (12/5/2021).

 

Dipublikasikan tanggal 12 Mei 2021

Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua, karena sebelumnya Pemerintah beserta asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telah mengirimkan 1.400 tabung oxygen cylinders ke India pada Minggu (10/5/2021).

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengatakan bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India.

“Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi covid-19,” kata Retno pada konferensi pers hari Rabu (12/5/2021).

Retno mengatakan persahabatan RI – India telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri (PM) Jawaharlal Nehru, sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan PM Modi.

Sejak awal pandemi, Indonesia dan India sudah bekerja sama melawan COVID-19.

“Di awal masa pandemi, saya masih ingat betul karena saya langsung melakukan komunikasi dengan Menlu India, bagaimana Pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor Bahan Baku Obat (BBO) yang pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia, dapat diperoleh Indonesia,” kata Retno.

India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin melalui kerangka multilateral melalui COVAX Facility.

Menlu Retno mengatakan Indonesia sangat bersyukur atas dukungan India kala itu, dan saat ini tiba waktunya Indonesia untuk menunjukan dukungannya terhadap India.

“Indonesia akan berdiri bersama India dalam masa sulit ini, dan kami berkomitmen untuk berbagi beban dengan rakyat India,” kata Menlu.

Ini bukan pertama kalinya Indonesia memberikan bantuan penanganan COVID-19 bagi negara sahabat.

Di awal pandemi, saat mulai terjadi di Wuhan, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan dan hand sanitizer.

Indonesia juga memberikan bantuan kepada sahabat kita di Palestina dan negara-negara Pasifik.

Indonesia juga berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara.

Menlu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, sehingga bantuan kemanusiaan dapat dikirim pada hari ini ke India.

“Semoga upaya dan ikhtiar kita ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di India,” kata Retno.

 

Edit : Mt

DETIK
banner 400x130
lastrinlivestreaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.