Detik-Detik Kapal KM Karya Indah Terbakar di Perairan Maluku Utara, Ratusan Penumpang Terjun ke Laut

  • Whatsapp

KM Karya Indah Dikabarkan Mengalami Kebakaran Kurang Lebih 5 Mil Arah Timur Laut Dari Pulau Lifamatola, Maluku Utara. Kapal Dengan Rute Ternate – Sanana itu Dikabarkan Mengangkut 181 Penumpang.

 

Dipublikasikan tanggal 28 Mei 2021

TERNATE – Pihak Basarnas Ternate melalui Unit Siaga SAR Sanana menerima informasi tersebut dari Sofyan, Kasat Polair Sanana.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, mengatakan laporan yang disampaikan Sofyan diterima pihaknya sekitar pukul 08.30 WIT.

“Setelah menerima informasi, pukul 08.50 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan menggunakan RIB 01. Estimasi waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT,” ungkap Arafah.

Dari rekaman video yang beredar, api terlihat di salah satu ruang kabin kapal. Lalu asap hitam yang semakin tebal tampak membubung tinggi.

Beberapa penumpang pun panik dan bergegas memakai life jacket (pelampung).

Beberapa orang di antaranya anak-anak dan perempuan. Tampak sebagian penumpang lainnya sudah lebih dulu menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengkonfirmasi ada 181 penumpang yang ikut dalam pelayaran kapal tersebut dan saat ini para penumpang sudah dievakuasi menuju pelabuhan terdekat dan sedang dalam proses pendataan.

Sementara, Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona menyebutkan kapal tersebut berangkat dari Ternate pada Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 17.20 WIT dengan tujuan Sanana dan diperkirakan akan tiba di Sanana pukul 10.00 WIT tadi.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian di antaranya meliputi Tim Basarnas Rescue Unit Siaga SAR Sanana, Polisi Perairan Sanana, dan KUPP Sanana serta masyarakat.

 

Edit : Mt

DETIK
banner 400x130
lastrinlivestreaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.