Viral Video Hiu Gigit Kabel , Apakah Ini Penyebab Gangguan IndiHome

  • Whatsapp

Jakarta – Belum lama ini banyak pengguna internet Indonesia dihebohkan dengan IndiHome yang mengalami gangguan. Akibatnya banyak pengguna tidak bisa berselancar di internet untuk beberapa waktu.
Setelah ditelusuri, Telkom sebagai pemilik layanan IndiHome menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut bernama Jasuka.

Apa itu kabel laut Jasuka ?
Jasuka merupakan singkatan dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Submarine Cable Map, Telkom membangun jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jasuka sepanjang 10.860 kilometer.

Jaringan fiber optik tersebut menghubungi sejumlah kota di Jasuka, mulai dari Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukti Tinggi yang ada di Malaysia.

SKKL Jasuka ini mulai digelar Telkom sejak tahun 2006. Menurut Telkom, Jasuka merupakan salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Adapun, jalur kabel laut ini terdiri dari empat kanal 40G dengan kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Benarkah gangguan kabel Jasuka disebabkan oleh gigitan Hiu ?

Bersamaan dengan IndiHome yang mengalami gangguan, media sosial TikTok dihebohkan dengan viralnya unggahan akun @dinda_ajaaa.

Akun tersebut mengunggah sebuah video Hiu sedang menggigit kabel bawah laut dengan menarasikan penyebab jaringan down.

“Penjarakan dia yang bikin jaringan down,” tulis akun @dinda_ajaa, Minggu (19/9).

Video tersebut kini telah ditonton 4,5 juta penonton, 200 ribu menyukai, 7.593 komentar, dan 19.2 ribu akun membagikan ulang video.

Fakta video Hiu gigit kabel bawah laut…
Setelah ditelusuri, video yang memperlihatkan Hiu menggigit kabel bawah laut tersebut ternyata bukan merupakan penyebab gangguan IndiHome beberapa waktu lalu.

Video yang diunggah akun @dinda_ajaa merupakan potongan video yang pernah diunggah kanal YouTube Daftar5 pada 16 November 2019 dengan judul “Hiu Menyerang internet, ikan Hiu Gigit Kabel Fiber Optik google Di Dasar Laut.”

Kejadian tersebut pernah diberitakan TheGuardian pada tahun 2014. Diketahui kamera pengawas bawah air Google menampilkan hiu yang menggigit kabel.

Hal itu kemudian membuat seorang manajer produk cloud mengatakan bahwa Google bekerja dengan perusahaan mitra pada kabel di seluruh Pasifik untuk mencegah kerusakan.

Menurut The Guardian, Hiu tertarik pada medan magnet yang diciptakan oleh tegangan tinggi yang dibawa melalui kabel, yang menyerupai yang dibuat oleh ikan.

Sementara itu, belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan IndiHome yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut.

Telkom melalui Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono hanya menyebutkan bahwa gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” tuturnya.

­čîĆnikolas s naibaho­čîĆ
.

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.