,

Lansia di Morowali Utara 8 Hari Hilang Usai Masuk Hutan Cari Kayu Gaharu

oleh -517 Dilihat

Morowali Utara – Pria lanjut usia (lansia) bernama Darsono (67) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), dilaporkan hilang usai masuk ke dalam hutan mencari kayu gaharu. Korban sudah dinyatakan hilang selama 8 hari.

“Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap seorang pencari gaharu yang belum kembali dari hutan,” ujar Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR Morowali Rusmadi kepada wartawan, Senin (11/3/2024).

Rusmadi mengatakan korban mencari kayu gaharu di hutan Desa Ensa, Kecamatan Mori Atas, Morowali Utara pada Minggu (3/3). Korban awalnya berangkat ke hutan bersama 3 orang rekannya.

“Setelah selesai mencari kayu gaharu, ketiga rekannya kembali ke camp. Sementara Darsono belum kembali hingga saat ini, pencarian telah dilakukan oleh rekannya namun hasil masih nihil,” terangnya.

Rusmadi mengaku baru menerima informasi hilangnya korban pada Sabtu (9/3). Saat ini, kata dia, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian pada hari ketiga.

“Pencarian hari ini memasuki hari ketiga dan kendala yang dihadapi oleh tim di lapangan yaitu tidak adanya signal komunikasi di area pencarian,” bebernya.

Dia mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi tim SAR di lokasi. Seperti waktu tempuh ke hutan yang cukup jauh dan area vegetasi hutan yang sangat rapat

“Waktu tempuh dari desa terdekat ke lokasi kejadian 4 hari dengan berjalan kaki dan untuk kontur di area pencarian vegetasi hutan sangat rapat,” ungkapnya.

Dia menambahkan unsur SAR gabungan yang terlibat melakukan pencarian terdiri dari personel pos SAR Morowali, Babinsa, Polsek Mori Atas, BPBD Morowali Utara, PMI, masyarakat setempat dan pemerintah desa.

Edit : Mar