Waktu Operasi LRT Diminta Diperpanjang

oleh -700 Dilihat

Jakarta – Amin AK, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PKS meminta waktu operasional LRT Jabodebek diperpanjang. Pihak LRT menuturkan memang ke depan kemungkinan hal tersebut dapat diterapkan.

“Tentunya peningkatan layanan LRT Jabodebek selalu menjadi fokus dan tujuan kami. sebagai contoh, ketika masyarakat membutuhkan layanan yang lebih panjang, mulai 16 Januari lalu sudah kami akomodir,” ucap Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono Sabtu (2/3/2024).

Dia menyebut peningkatan pelayanan operasional akan dilakukan secara bertahap. Dia mengaku pihak LRT memang hendak menambah jam operasional.

“Ke depan tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang lagi. Tentunya setelah kami evaluasi dan perhitungkan penerapan peningkatan layanan yang baru saja kemarin kamu terapkan dulu. Jadi secara bertahap, memang arahnya ke sana,” lanjutnya.

PT. KAI juga mengaku terbuka pada semua saran dan kritikan yang ada. Semua saran akan mereka tampung dan pertimbangkan sembari terus berkoordinasi dengan DJKA.

“Tentu semua usul yang positif akan kami tampung dan akan kami pertimbangkan, sambil kami lakukan koordinasi dengan Kemenhub dalam hal ini DJKA terkait saran tersebut,” ucapnya.

Mahendro juga menyebut penumpang LRT Jabodebek kini sudah menyentuh angka 50 ribu pada weekend. Jumlah ini berbeda dengan Amin yang berharap penumpang LRT meningkat tajam dari semula hanya 2.000 penumpang per hari, menjadi 3.000 penumpang per hari.

“Kalau lihat jumlah penggunanya, kami sudah di angka 50 ribu pada weekday. Setahu saya yang masih 2 ribu itu LRT Jakarta. Tapi tentu kami terbuka terhadap semua saran dan masukan, demi perbaikan layanan LRT Jabodebek,” ucapnya.

Sebelumnya, Amin menyebut saat ini operasional LRT dimulai sekitar pukul 05.22 WIB sampai 05.30 WIB. Seharusnya, LRT bisa mulai beroperasi lebih pagi lagi. Jam selesai beroperasi yang saat ini maksimal pukul 22.05 WIB juga bisa dibikin sedikit lebih mendekati tengah malam.

“Juga waktu operasional LRT diperpanjang, misalnya dimulai dari jam 05.00 pagi hingga pukul 23.00 malam,” ucapnya.