Asam Urat, Gejala & Penangannya

  • Whatsapp

Penyakit Asam Urat, atau Gout, Adalah Peradangan Pada Sendi Yang Terjadi Karena Kadar Asam Urat Dalam Tubuh Yang Terlalu Tinggi.

 

 

 

Dipublikasijan tanggal 27 Mar 2021

Kondisi ini secara tiba-tiba menyebabkan persendian terasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Kondisi tersebut juga bisa memengaruhi satu sendi atau beberapa sendi pada satu waktu.

Kondisi ini secara tiba-tiba menyebabkan persendian terasa sakit, bengkak, dan kemerahan. Kondisi tersebut juga bisa memengaruhi satu sendi atau beberapa sendi pada satu waktu.

Persendian yang paling umum terkena asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki. Dan jari kaki. Meski jarang terjadi, tulang belakang juga bisa terkena asam urat.

Dilansir dari perhimpunan reumatologi indonesia, penyakit ini terjadi pada 1 hingga 2 persen orang dewasa. Umumnya, penyakit ini lebih mudah menyerang laki- laki. Sementara pada perempuan, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause.

Namun, beberapa faktor berikut dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah. Diantaranya …

Riwayat keluarga yang juga menderita asam urat. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, beberapa hidangan laut. Tak hanya itu, mengkonsumsi minuman beralkohol dan minumal tinggi gula juga memicu naiknya asam urat dalam darah. Penggunaan obat dalam jangka waktu lama. Hingga memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung dan ginjal,gangguan tiroid, dan penyakit komorbid lainnya. (alodokter.com)

Secara umum, penyakit asam urat terjadi saat sendi mendadak terasa sangat sakit. Sakitnya persendian ini pun menyebabkan sulitnya penderita untuk berjalan atau beraktivitas, terutama pada malam hari. Rasa nyeri ini akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam, hingga timbul pembengkakan, rasa panas, dan ruam merah pada kulit sendi. Saat gejala sakit mereda dan bengkak mengempis, kulit di sekitar sendi tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal. (sumber : halodoc.com) Penyakit gout dapat berkembang semakin parah bila penderita tidak teratur minum obatdan mendapatkan perawatan medis yang tepat. Bahkan komplikasi juga kerap mengintai penderitanya.

Lantas, bagaimanakah penanganan penyakit asam urat ini. Yuk langsung saja kita bincang bersama di ayo sehat.!!

 

Edit Margriet

 

 

 

banner 300x250
lastrinlivestreaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.