Odekta Elvina Naibaho Rebut emas kedua dari 10.000 meter putri PON Papua , Tambah Perolehan Emas DKI Jakarta

  • Whatsapp

Timika – Odekta Elvina Naibaho menambah koleksi medali emas di PON XX/2021 Papua. Wakil DKI Jakarta itu kini meraih emas dari nomor lari 10.000 meter putri.
Dalam perlombaan di Stadion Atletik, Mimika Sport Center, Kamis (7/10/2021), Odekta finish terdepan dengan mencatatkan waktu 36 menit dan 7,70 detik. Medali perak diraih oleh Irma Handayani yang membukukan waktu 37 menit dan 46 detik.

Pelari senior DKI Jakarta Triyaningsih harus puas dengan medali perunggu usai finis peringkat ketiga dengan waktu 38 menit dan 19,51 detik.

Bagi Odekta Naibaho , emas itu merupakan emas kedua di PON Papua. Sebelumnya, dia naik podium tertinggi di nomor lari 5.000 meter.

“Saya puas banget dengan emas kedua ini. Saya bersyukur kepada Tuhan yang sudah mengizinkan saya mendapatkan medali ini. Emas ini bukan karena kebolehan saya, tetapi seizin Tuhan,” kata Odekta di garis finis.

Odekta berfokus kepada diri-sendiri selama perlombaan. Dia berusaha untuk tidak teralihkan oleh psywar lawan.

“Kuncinya sabar dan sadar dengan kekuatan sendiri, serta menerapkan strategi yang tepat. Sejak start, saya berusaha untuk bisa menguasai diri sendiri,” Odekta menjelaskan.

Sementara itu, Triyaningsih, yang finis ketiga, bersyukur dengan hasil yang dituai. Sebab, dia hanya memiliki persiapan pendek karena harus menjalani pemulihan cedera.

“Menuju PON ada kendala cedera. Kondisi saya siap berlatih selama tiga pekan. Saya bersyukur masih bsia finis dan podium di sini. Nanti akan saya buktikan di kejuaraan lain,” kata Triyaningsih.

Bagi Triyaningsih, perunggu itu merupakan medali keduanya di PON Papua ini. Sebelumnya, dia meraih medali perak dari lari 5.000 meter putri.

Odekta dan Triyaningsih berpeluang menambah medali lagi. Mereka sama-sama akan turun di nomor marathon.

“Ada rest sehari, besok. Cukup enggak cukup, semoga cukup. Mudah-mudahan cepat pulih dan bisa mengikuti perlombaan dengan maksimal,” kata Odekta Naibaho

“Marathon menuntut konsentrasi dan penguasaan diri lebih karena dari jaraknya saja 4 kali lipat dibandingkan perlombaan hari ini,” Odekta Naibaho menambahkan.

Ditemui usai pertandingan, Odekta mengaku sangat puas atas medali keduanya ini karena dia tidak menargetkan medali emas 10.000 meter putri.

“Jauh sangat puas karena sebenarnya target saya di 10 kilometer itu yang penting menang saja, medali saja,” kata Odekta.

Selain itu, catatan waktu yang dia raih hari ini juga berhasil memecahkan catatan terbaik dirinya atau personal base-nya.
“Waktunya tadi memecahkan personal base saya. Tadi 36 menit 07 detik, itu lebih bagus dari Sea Games (2019) saya 36 menit 42 detik. Artinya saya sangat puas,” kata peraih perunggu Sea Games 2019 itu.

Odekta Naibaho pun tak henti bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada keluarga, tim pelatih, serta masyarakat yang telah mendukungnya hingga berhasil meraih prestasi pada PON Papua.

­čîĆnikolas s naibaho­čîĆ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.