PON XX Resmi Dibuka , Papua Bangga Anak Bangsa Bersatu di Sini

  • Whatsapp

Papua – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka di Stadion Utama Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu 2 September 2021 , pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB.

Upacara pembukaan dimeriahkan dengan arak-arak penari yang mengenakan pakaian adat Papua dan lambang burung khas Papua, cendrawasih.

Selanjutnya, penyanyi asal Papua, Edo Kondologit, mulai melantunkan lagu “Aku Papua”.

Edo yang tampil lengkap dengan pakaian adat ditemani penyanyi serumpun, Michael J dan Nowela Idol.

Acara dilanjutkan dengan pawai kontingen dari 34 provinsi di Indonesia.

Upacara pembukaan PON ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sejumlah artis Tanah Air, yakni Ruth Sahanaya, Tulus, hingga Lea Simanjuntak bakal turut memeriahkan acara pembukaan.

Tak ketinggalan, para seniman lokal juga bakal berpartisipasi.

Sementara itu, Raffi Ahmad akan menjadi salah satu MC di pembukaan PON kali ini.
PON XX Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang.

Pekan olahraga ini seharusnya digelar tahun lalu, tetapi terkendala pandemi Covid-19.

Legislator: Kehadiran Jokowi Buka PON XX Bukti Papua Bukan ‘Anak Tiri’

Dengan hadirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan membuka secara langsung perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Anggota DPR RI dapil Papua Barat, Robert Kardinal, menilai kehadiran Jokowi membuka langsung PON XX membuktikan bahwa Papua bukan ‘anak tiri’.
“Kami bangga Papua terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun ini. Kehadiran Presiden Jokowi, yang membuka PON XX Papua, memberi makna khusus bahwa Papua tidak diperlakukan berbeda dari provinsi lain di Indonesia,” kata Robert dalam keterangannya, Minggu 3 September 2021 .

Karena itu, Robert meminta masyarakat Papua tidak lagi berpikir bahwa mereka dibedakan dengan masyarakat lain di luar Papua. Anggota komisi olahraga DPR itu (Komisi X) menegaskan kepada masyarakat Papua, jangan mau dipecah belah.

“Momentum yang dibuka langsung Presiden Jokowi secara jelas telah menunjukkan bahwa Papua tak dianaktirikan. Jangan ada lagi pemikiran bahwa kita berbeda. Jangan mau dipecah belah,” imbau Robert.

Menurut Robert, bukti Papua bukan anak tiri tak hanya terlihat dari kehadiran Presiden Jokowi membuka secara langsung PON XX di Papua. Sebagai gambaran, Robert memaparkan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 40,85 triliun untuk pembangunan infrastruktur, guna mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar di Papua tahun depan.

Pengalokasian anggaran itu tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun berbagai program dasar di beberapa wilayah, termasuk Papua.

Setidaknya ada dua proyek besar di Papua yang dianggarkan dalam RKP 2022, yaitu pembangunan Jalan Trans Papua Merauke-Sorong senilai Rp 1,81 triliun dan Jembatan Udara 37 Rute di Papua sebesar Rp 210,72 miliar.

“Penyelenggaraan PON XX mempertegas kehadiran pemerintah dalam berbagai sektor di Papua, tak hanya pembangunan infrastruktur berupa jalan dan lainnya, tapi juga melalui perhelatan olahraga yang mempersatukan bangsa Indonesia. Papua adalah Indonesia,” sebut politisi Golkar itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi membuka PON XX Papua 2021. Jokowi mengaku bangga membuka PON XX, yang merupakan gelaran PON pertama di Papua.

“Dengan mengucap bismillahirrahman irrahim , dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka,” kata Jokowi dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 2 September 2021).

“Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia-Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” tambahnya.

Jokowi mengajak agar PON ini diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga diminta menjadi ruang menjalin kebersamaan.
“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” ucap Jokowi .

­čîĆnikolas s naibaho­čîĆ

.

  • Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.