Siswi SMA di Sukabumi Meninggal Saat Ikut Seleksi Paskibraka, Ini Kronologinya

oleh -26 Dilihat

SUKABUMI – Siswi SMAN 1 Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, Kayla Nur Syifa (16), meninggal saat mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/04/2024).

Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Baskesbangpol Kabupaten Sukabumi, Anzar Kusnandar mengatakan, Kayla sempat mengikuti rangkaian seleksi Paskibraka secara maraton sejak Rabu (17/4/2024).

Kemudian dilanjutkan di hari Kamis (18/4/2024) dan menginap di GOR Palabuhanratu sampai hari Jumat pagi tadi, untuk seleksi pelatihan baris berbaris (PBB) dan tes fisik kesamaptaan.

“Pada pukul 17.15 WIB kita mulai. Beliau (Almarhumah) masuk sesi pertama lari selama 12 menit sebanyak tujuh putaran dengan jarak tempuh 2 kilometer,” kata Anzarr di rumah duka, di Kampung Cibentang, Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat.

Usai lari selama 12 menit tujuh putaran, tiba-tiba Kayla jatuh pingsan di lintasan lari saat akan istirahat. “Usai lari untuk pendinginan mau istirahat itu, sempat berhenti dan diam, langsung pingsan saat masih jalan (lintasan lari),” ucap Anzar.

Kayla langsung mendapatkan penanganan pertama dan dievakuasi ke RSUD Palabuhanratu.

“Kita bawa ke tribun untuk penanganan pertama. Ternyata, kejang-kejang dan mengeluarkan busa, mata mulai berbalik, dan nadi sulit diraba,” jelas Anzar.

Pada saat diperiksa di rumah sakit oleh dokter, fungsi jantung Kayla melemah.

“Langsung kita bawa ke RSUD Palabuhanratu dan diperiksa sudah meninggal. Dokter menyatakan kemungkinan kurangnya udara atau oksigen ke otak, sehingga akhirnya ke jantung,” kata Anzar.

Edit : Mar.