Update Covid 19 di Kabupaten Samosir 27 Agustus 2021 , 13 Positif , Sembuh 97 , Aktif 126

  • Whatsapp

Samosir , Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan per hari ini, tambah 13 positif , 97 sembuh, 1 meninggal dunia, dan aktif saat ini 126 orang .
Bupati Samosir selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Samosir menyampaikan turut berdukacita atas meninggalnya satu warga terpapar Covid-19 atas nama HS, (25/8/2021), Lk 79 Tahun, Desa Paraduan, Kecamatan Ronggurnihuta, meninggal dunia di rumah saat menjalani Isolasi Mandiri tanggal 26 Agustus 2021 pukul 20.33 Wib. Kiranya keluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan ilahi dari Tuhan dalam melalui dukacita ini.

Satgas mensyukuri angka kesembuhan yang cukup tinggi pada hari ini yang mencapai angka 99 kasus dan angka kasus aktif saat ini adalah 126 kasus. Kiranya tren kesembuhan ini tetap meningkat dari hari ke hari yang diikuti sedikitnya angka kasus konfirmasi positif setiap harinya.

Covid-19 ada di tengah-tengah kita dan memiliki potensi bertransmisi melalui interaksi yang kita lakukan. Namun, jika kita melakukan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten, maka potensi transmisi melalui droplet orang terpapar dapat dicegah. Sekali lagi, ujiannya adalah disiplin melakukan protokol kesehatan dan menjauhi sikap abai atau rasa aman palsu selama pandemi ini.

Bagi para terpapar, Satgas berkewajiban melakukan telusur kontak erat melalui testing dan merekomendasikan isolasi mandiri atau perawatan di rumah sakit. Jika isolasi mandiri, maka Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kelurahan memiliki tanggung jawab melakukan penyekatan di sekitar tempat tinggal para warga terpapar dalam rangka pengendalian. Jika direkomendasikan untuk dirawat di rumah sakit, maka RSUD dr. Hadrianus akan menindaklanjutinya melalui rekomendasi tindakan medis.

Selain itu, Pemdes dan Kelurahan juga berkewajiban untuk dukungan logistik bagi para terpapar sesuai anggaran yang tersedia, dan jika tidak tersedia, maka masyarakat dapat memainkan perannya secara bergotong royong menyiapkan dukungan logistik tersebut dalam bentuk kesetiakawanan sosial di lingkungan masing-masing.

Tahap lanjutannnya adalah akselerasi vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal minimal 80% dari jumlah penduduk Kabupaten Samosir.

Tindakan yang telah dilakukan sejauh ini merupakan satu kesatuan yang utuh dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19. Karenanya mari lakukan bagian kita masing-masing secara konsisten berbasis PPKM Mikro yang telah sedang kita jalani. Harapannya, penurunan angka kasus secara signifikan terjadi hingga pada 31 Agustus untuk membuat kebijakan-kebijakan strategis untuk menangani Covid-19 hingga terkendali secara pasti.
Sumber : Kominfo Samosir (27/8/2021)

­čîĆnikolas s naibaho­čîĆ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.