Kendaraan Listrik Semakin Banyak Digunakan untuk Mudik dan Liburan

oleh -541 Dilihat

akarta: Penggunaan kendaraan listrik semakin banyak dari tahun ke tahun. Termasuk pada momen liburan dan mudik Lebaran tahun ini.

Masyarakat sudah tidak khawatir mengenai sarana dan prasarana kendaraan listrik di tempat-tempat umum.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengungkapkan pihaknya tidak hanya memastikan kesiapan SPKLU yang ada di jalur mudik saja, tetapi juga semua SPKLU di Jakarta.

“Khusus untuk SPKLU yang berada di rest area jalur mudik, kami siapkan petugas piket 24 jam. Sedangkan untuk SPKLU lainnya tetap dipantau oleh petugas piket setiap satu jam sekali,” ungkap Lasiran dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 April 2024.

Lasiran menambahkan, tujuan piket siaga SPKLU ini dilakukan untuk memastikan seluruh pengguna kendaraan listrik dapat beraktivitas dengan nyaman selama periode Lebaran ini.

“Kami juga menyiapkan layanan call center khusus untuk layanan SPKLU. Bisa melaui fitur hotline SPKLU di PLN Mobile, contact center PLN 123, atau pun nomor whatsapp khusus 087771112123,” jelas Lasiran.

Pelanggan isi daya di SPKLU

Pihaknya, kata lasiran, sempat menemui beberapa pengguna mobil listrik yang hendak melakukan mudik dengan mengisi daya mobil listriknya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN, yaitu Ilham.

Dia berencana melakukan perjalanan dengan mobil listrik rute Jakarta-Bandung, saat melakukan pengisian daya di SPKLU Rest Area Tol Jakarta-Cikampek KM 6B, mengatakan bahwa SPKLU PLN mudah untuk ditemui.

“Alhamdulillah sih mudah dicari, di aplikasinya juga sudah gampang kita track-nya kita di mana, trus SPKLUnya sudah keliatan lokasinya di mana,’ ujar Ilham.

“Selama saya pakai SPKLU PLN lumayan ya pelayanannya. Begitu saya datang biasanya security atau petugasnya yang nanya untuk bantu ngisi,” sambung Ilham.

Tidak hanya dibutuhkan oleh pemudik dengan mobil listrik, SPKLU juga dibutuhkan masyarakat yang hendak berlibur menikmati kota Jakarta. Seperti pengakuan Yuwono, salah satu pengguna mobil listrik yang ditemui di SPKLU Aeon Jakarta Garden City (JGC).

“Saya terbantu dengan SPKLU ini. Tadi di rumah sisa 70 (persen), sampai di sini kurang dari 50 (persen). Jadi sambil kita ke mal 2-3 jam, penuh lagi. Sampai rumah gak perlu ngecas lagi,” ungkap Yuwono.

Edit ; Mar.