Pelari Nasional DKI Jakarta , Odekta Elvina Naibaho Putri Sirajaoloan , Raih Emas dari lari jarak jauh 5 000 Meter Putri PON XX/2021 Papua

  • Whatsapp

Timika – DKI Jakarta menambah lumbung emas dari lari jarak jauh 5.000 meter putri PON XX/2021 Papua. Salah satunya berupa medali emas dari Odekta Elvina Naibaho.
Pelari nasional DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho tidak terkejar saat meraih medali emas nomor 5.000 meter putri cabang olahraga atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Bertanding di GOR Mimika Sport Complex, Mimika, Papua, Selasa, Odekta berhasil mencapai garis finis dengan catatan waktu 16 menit 57,58 detik, mengungguli rekan sedaerahnya Tryaningsih yang melintasi garis finis dengan waktu 17 menit 48,77 detik.

Adapun medali perunggu diraih pelari Sulawesi Selatan Fitri yang membukukan waktu 18 menit 05,43 detik. Fitri sempat mendapatkan pertolongan medis sesaat setelah melewati garis finis karena kelelahan.

Odekta telah berada di posisi terdepan sejak awal perlombaan. Pelari 30 tahun itu tampil prima dengan terus memimpin menjauhi lawan-lawannya.

Sekitar 1.000 meter terakhir, Odekta terlihat meningkatkan kecepatannya hingga akhirnya melesat meninggalkan Tryaningsih di posisi dua dengan selisih waktu hampir satu menit.

Ditemui usai pertandingan, Odekta mengaku sangat puas atas hasil yang dicapai, sebab targetnya di pesta olahraga nasional empat tahunan kali ini adalah memperoleh catatan waktu di bawah 17 menit.

“Targetnya di 5.000 meter adalah kepala 16 sekian, di bawah 17 menit, itu target saya. Kalau saya bisa kalahkan diri saya sendiri masuk ke 16, itu artinya saya mencapai target saya dan saya puas banget karena (targetnya) masuk saya lihat,” ucap peraih medali perunggu SEA Games 2019 itu.

Odekta cukup puas dengan hasil yang diraih. Dia menyebut sebagai pembalasan setelah gagal finis di SEA Games 2019 dia tidak bisa menyelesaikan perlombaan karena terkena heatstroke.

Menuju PON, Odekta berlatih di Pangalengan, Jawa Barat bersama skuat pelatnas. Seperti atlet lain, dia tidak memiliki agenda kejuaraan karena pandemi virus Corona.

“Bersyukur dengan hasil ini. Ini menjadi jawaban setelah ada cobaan di SEA Games lalu. Saya berlari tanpa beban, saya berlari untuk Tuhan,” ujar Odekta usai perlombaan.
Odekta juga bersyukur untuk masyarakat yang mendoakannya , khususnya keluarga besar Sirajaoloan .

­čîĆNikolas S Naibaho­čîĆ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.