Jangan Tanam 7 Pohon Ini Dekat Rumah Sebelum Kamu Menyesal

oleh -769 Dilihat

Jakarta – Menanam pohon di rumah bisa memberikan sejumlah manfaat, seperti memberikan suasana asri dan segar, serta menghasilkan kualitas udara yang bersih. Namun, jangan asal menanam pohon di rumah, lho! Jika ditanam terlalu dekat, pohon tersebut justru bisa menimbulkan beragam masalah.

Sampah dari dedaunan, batang dan ranting yang bisa merusak atap atau plafon, serta akar yang bisa merusak fondasi adalah beberapa masalah yang bisa timbul akibat menanam pohon terlalu dekat dari rumah.

Nah, karena itu, penting untuk mengetahui jarak aman menanam pohon di rumah.

Jarak Aman Menanam Pohon di Rumah,

Berikut jarak yang dianjurkan untuk menanam pohon di rumah berdasarkan ketinggiannya.

Tinggi pohon di bawah 8 meter jarak minimal 3 meter dari bangunan

  • Tinggi pohon 8-15 meter jarak minimal 4-6 meter dari bangunan
  • Tinggi pohon lebih dari 15 meter jarak minimal 10-15 meter dari bangunanj

Nah, dari data tersebut, kamu bisa menyesuaikan jarak pohon yang ingin kamu tanam agar tidak merusak fondasi rumah.

Lantas, apa saja jenis-jenis pohon tersebut? berikut 7 jenis pohon yang harus ditanam jauh dari rumah agar tidak merusak fondasi.

1. Pohon Pepaya
Pohon pepaya memiliki akar yang menjalar sangat dalam ke bawah tanah. Hal inilah yang bisa merusak fondasi dan mengancam ketahanan rumah secara keseluruhan. Akar pohon pepaya ini bisa membuat tanah di sekitarnya menjadi lebur sehingga bisa menciptakan lubang. Jika dibiarkan terlalu lama, lubang tersebut bisa membuat rumah terlihat miring.

2. Pohon Jambu
Pohon jambu memiliki akar yang besar dan keras. Jika tidak dirawat dan dipangkas dengan rutin, akar pohon jambu bisa merusak bagian bawah fondasi rumah atau pagar.

3. Pohon Mangga
Tak jauh berbeda dengan pohon jambu, pohon mangga akar pohon mangga juga bisa merusak fondasi rumah yang terbuat dari semen, batu, atau material lainnya. Saat ingin menanam pohon mangga, perhatikan tinggi dan jarak tanamnya agar tidak terlalu berdekatan dengan rumah.

4. Pohon Beringin
Pohon beringin yang berukuran besar memang bisa membuat rumah menjadi asri dan teduh. Namun, pastikan kamu memiliki pekarangan yang cukup luas agar akar pohon beringin tidak berdekatan dengan rumah.

5. Pohon Ketapang
Saat ingin menanam pohon ketapang, perhatikan tingginya dan pastikan jarak tanamnya cukup jauh dari rumah. Dengan menanam pohon ketapang agak jauh, fondasi rumah bisa terhindar dari ancaman kerusakan.

6. Pohon Bidara
Pohon bidara sebaiknya ditanam dengan jarak minimal 3 meter dari rumah. Hal ini agar pohon mendapatkan nutrisi dengan baik dari dalam tanah. Dengan jarak tersebut, pohon bidara yang ditanam bisa hidup lama dan akarnya tidak merusakn fondasi rumah.

7. Pohon Durian
Pohon durian memiliki ukuran yang cenderung besar dan kokoh, serta akar yang menjalar. Hal inilah membuat pohon ini sebaiknya ditanam jauh dari rumah agar akarnya tidak bisa merusak fondasi nantinya.

Nah, itulah 7 pohon yang sebaiknya ditanam jauh dari rumah. Saat ingin menanam pohon tersebut, penting untuk memerhatikan tingginya, lalu menyesuaikan jarak tanam agar fondasi rumah kita bisa terhindar dari kerusakan.

Edit : Mar