Indonesia Impor 2 Juta iPhone Setahun, Jokowi Minta Apple Bangun Pabrik

oleh -640 Dilihat

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Indonesia mengimpor sekitar 2,8 juta unit ponsel (HP) sepanjang 2023.

Dari angka tersebut, mayoritas ternyata berasal dari produk HP bermerek Apple alias iPhone.

“Sekitar 85 persen dari total impor HP di 2023 itu iPhone,” kata Budi di kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Ini berarti Indonesia mengimpor 2 jutaan unit iPhone sepanjang 2023 atau satu tahun. “Angka kontribusi Indonesia tersebut sudah disampaikan ke Apple, sehingga bisa dilihat pasar kita besar,” kata Budi Arie.

Karena impor iPhone cukup banyak, pemerintah lantas mendorong Apple untuk membangun pabrik di Indonesia. Desakan ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Budi ketika bertemu dengan CEO Apple, Tim Cook di Istana Kepresidenan Jakarta pagi ini.

“Dengan jumlah impor iPhone dan kontribusi sebanyak ini, masa Apple tidak mau bangun pabrik di Indonesia?” imbuh Budi.

Menyoal pabrik, Budi menyebut bahwa pemerintah sudah melakukan pembicaraan dengan Apple, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu global supply chain di industri teknologi. Budi menyebut Apple merespons positif atas desakan pemerintah Indonesia ini.

Meski demikian, kehadiran pabrik Apple di Indonesia tampaknya masih akan menunggu waktu. Sebab, Budi menyebut masih banyak detail yang harus didiskusikan dengan para pihak terkait.

“Saat ini detail (pembangunan pabrik Apple) sedang ditindaklanjuti, dan harus ada beberapa peraturan yang harus kita atur. Tapi yang jelas, di sini posisi pemerintah terbuka tentang hal tersebut, dan progresnya masih harus menunggu karena detail-detail investasi seperti ini harus didiskusikan secara panjang lebar,” pungkas Budi.

Sekadar informasi, semua produk Apple saat ini merupakan impor dari luar lantaran tidak dirakit di Indonesia.

Apple bisa memasarkan produknya ke Indonesia karena memakai jalur Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) investasi.

Salah satu investasi yang dilakukan Apple adalah lewat bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), yaitu dengan membangun Apple Developer Academy.

Saat ini, sudah ada tiga Apple Developer Academy yang ada di Indonesia, yang berlokasi di Batam, Tangerang Selatan, dan Surabaya.

Untuk melanjutkan investasi ini, Apple akan membuka Apple Developer Academy keempat di Bali. Secara total, investasi yang sudah digelontorkan Apple untuk membuka empat Apple Developer Academy di atas mencapai Rp 1,6 triliun.

Mar